Letak Pin Protek Pada TV LG Ultra Slim 21

Pin protek TV LG Ultra Slim 21 seringkali dicari untuk melacak kerusakan TV yang menyala sebentar kemudian kembali standby atau TV protek. Letak pin protek TV LG Ultra Slim perlu dicari terlebih dahulu sebelum teg proteksi tersebut. Berikut penanganan pin kolektor dari komponen proteksi TV LG Ultra Slim 21 yang mengalami kerusakan saat dinyalakan.

Pin protek tv LG ultra slim 21

Baca Dulu : TV China Gambar Bergetar Vertikal

Pin Protek TV LG Ultra Slim 21 untuk Teg Proteksi

1. Bersihkan mainboard

Sebelum ke pin protek, sebaiknya bersihkan dulu mainboard pada TV LG Ultra Slim 21. Komponen mesin ini bisa berdebu meskipun berada di dalam perangkat TV. Oleh sebab itu, perlu dibersihkan dulu agar lebih mudah untuk mencari komponen elektronik yang rusak maupun mencari pin protek.

Ingat, kalau komponen pada mainboard ini jumlahnya banyak dan ukurannya kecil-kecil. Kotoran atau debu bisa saja menghalangi komponen dan kodenya sehingga kamu akan kesulitan untuk menemukan pin protek pada TV LG Ultra Slim 21 ini.

2. Perbaiki solderan

Letak pin protek TV LG Ultra Slim ada pada papan PCB dengan kode tertentu. Sebelum teg proteksi, lakukan perbaikan dulu pada solderan yang dapat menyebabkan TV protek. Solder ulang pada setiap komponen yang solderannya sudah rusak.

Solderan kaki-kaki komponen mainboard harus rapi dan tidak menyentuh komponen lain. Jika saling bersentuhan, komponen tidak bisa berfungsi dan TV tidak dapat menyala.

3. Cek tegangan

Cek Tegangan TV

Tipe TV slim ini menggunakan IC utama LV762XXX, vertikal LA78141, dan STR w6554. Selain memperbaiki solderan, hal lain yang mungkin diperlukan adalah mengecek tegangan. Langkah ini dibutuhkan untuk memastikan tidak ada tegangan yang korup atau tidak sesuai.

Apabila terdeteksi tidak ada tegangan, kemungkinan ada sambungan yang putus. Jika sambungan yang putus ada pada rangkaian vertikal, TV bisa mengalami protek atau menyala sebentar dan kemudian standby kembali hanya dalam beberapa detik.

Baca Dulu :

4. Melumpuhkan teg proteksi

Pin protek TV LG LV76211 menggunakan sebuah transistor. Kamu bisa cari di papan PCB atau mainboard pada transistor yang memiliki kode Q16 = C5453. Nah, komponen inilah yang diperlukan untuk teg proteksi jika TV menyala sebentar dan kembali standby.

Caranya adalah melepas kaki colektor dari Q16. Pin colektor transistor ini ada pada kaki bagian tengah. Jadi, bagian yang perlu dilepas adalah kaki tengah pada Q16 untuk teg proteksi.

Setelah teg proteksi, biasanya TV dapat kembali berfungsi dengan normal. Kamu bisa menghidupkan tv dan tidak kembali protek. Namun kalau masih tidak berhasil, mungkin bagian sambungan playback yang rusak.

5. Memperbaiki transistor Q403

Letak Q16 pada TV LG Ultra Slim penting untuk diketahui, begitu juga untuk komponen transistor Q403 = BF421. Hal ini diperlukan karena biasanya jika TV tetap tidak bisa menyala setelah teg proteksi, langkah yang dapat dilakukan adalah mengecek fungsi komponen tersebut.

Pada kondisi TV LG yang sempat mau membuka layar meski hanya beberapa detik seharusnya bisa kembali normal setelah open kaki tengah Q16. Sedangkan untuk kondisi berbeda dimana TV tetap protek, maka perlu cek Q403.

Apabila transistor Q403 terukur putus, maka perlu segera diperbaiki. TV akan kembali normal jika semua sambungan sudah diperbaiki.

Baca Juga :

Pin protek TV LG Ultra Slim 21 sudah bisa ditemukan? Ingat ya, kodenya adalah Q16 untuk transistor yang berfungsi sebagai pin protek. Buat yang TV-nya mengalami protek, bisa tangani dengan open kaki Q16 tersebut dengan langkah-langkah di atas.

Categories TV

Leave a Comment