TV Cina Gambar OSD Bergetar Bergerigi Vertikal

Kazanclark.com — Gejala kerusakan seperti suara normal namun gambar bergetar sejatinya merupakan hal yang jarang terjadi pada TV, meski demikian tentu saja yang namanya barang elektronik semua hal bisa saja terjadi. Nah, jika Anda juga mengalami TV cina gambar bergetar vertikal, tidak perlu langsung panik karena ada beberapa cara memperbaikinya.

Tv Cina Gambar Bergetar Vertikal

Baca Dulu : Skema TV Sanyo 14 Inch

Penyebab TV Cina Gambar Bergerigi dan TV Cina Gambar Bergetar Vertikal

Kerusakan seperti gambar yang bergetar memang bukan hal yang banyak terjadi. Meski demikian, hal tersebut bisa saja Anda alami karena berbagai penyebab. Secara umum, berikut beberapa hal yang mungkin saja bisa terjadi.

1. Kotoran yang menempel

Hal pertama yang seringkali bisa saja terjadi yakni tegangan drop dan bagian vertikal lain yang tidak terpasang secara sempurna. Untuk mengeceknya, Anda bisa membuka casing belakang TV, kemudian membersihkan board dari kotoran dan debu.

Jangan lupa juga periksa bagian kaki-kaki komponen, apakah masih dalam kondisi bagus. Periksa juga bagian tegangan out regulator/power supply apakah masih normal dan tidak ada masalah.

2. Bagian vertikal yang kurang sempurna

Anda juga bisa memeriksan bagian vertikal. Satu persatu komponen bisa dicek dan dites, bahkan jika ada komponen yang rusak bisa diganti dengan yang baru. Cek juga tegangan B+ apakah masih normal hingga pengecekan beberapa komponen elko.

3. Elko yang berjamur

Salah satu penyebab lain yang bisa menjadikan masalah TV menjadi bergetar adalah elko yang berjamur. Penyebab TV cina gambar bergetar vertikal ini dapat terjadi karena adanya jamur di kaki elko dan terletak terutama pada jalur penstabil tegangan 180 volt dengan nilai 250v/22uf.

Jika menemui kendala ini, tentu saja harus segera dilakukan perbaikan atau penggantian. Meski begitu, pastikan Anda sudah benar-benar teliti memeriksa seluruh bagian komponen karena bisa jadi kerusakan terjadi karena penyebab yang sepele.

Artikel Terkait :

Memperbaiki TV Osd Bergetar

Memperbaiki Tv Osd Bergetar

TV tabung keluaran china memang cenderung mengalami berbagai kerusakan yang beragam. Bukan karena apa-apa, namun kemungkinan karena adanya kesalahan teknis maupun penggunaan. Nah, untuk memperbaiki layar TV bergetar, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan, seperti berikut.

  • Bongkar casing belakang TV yang Anda gunakan
  • Bersihkan area tabung dan mesin TV
  • Periksa dan amati fisik komponen yang terlihat gosong, elko yang kembung, atau jalur rangkaian yang putus
  • Cek tegangan B+ dengan kisaran angka normal sebesar 180V
  • Apabila semua hal di atas tidak ada masalah, cek ke blok rangkaian vertikal
  • Lakukan pengecekan tegangan dan ganti komponen elko jika diperlukan
  • Apabila sudah dilakukan penggantian elko, cek kembali apakah ada bagian rangkaian mesin TV yang memiliki solderan kurang sempurna, mengalami retak, atau bermasalah

Masalah elko seringkali menjadi penyebab dari masalah TV yang bergetar ini. Anda dapat mengecek apakah ada elk yang nampak menggembung, berjamur, atau bahkan memiliki masalah lainnya. Apalagi jika tegangan arus yang disuplai kurang stabil.

Cara memperbaikinya pun bisa dengan mengganti elko yang menggembung dan bermasalah tersebut sesuai dengan nilainya. Sebelum menutup casing belakang TV, cek kembali apakah tv sudah nyala dengan normal dan tidak ada getaran lagi.

Ketahui : Skema Regulator TV Sanyo STR W6753

Itulah beberapa penyebab sekaligus cara mudah memperbaiki TV cina gambar bergetar vertikal. Jika Anda masih ragu dengan cara perbaikan yang tepat atau tidak memiliki peralatan yang lengkap, ada baiknya segera hubungi pihak service center hingga ke bengkel servisan terdekat. Silakan dicoba!

Categories TV

Leave a Comment